life is like metamorphose, you develop from the simplest one for being the best

Ayo Ramaikan PKM dengan MAHAKARYAmu!!

on Senin, 30 Agustus 2010
HeiHei MahaKarya Ganesha...
Ayo Tunjukkan Produktivitas dan kreativitasmu dalam sebuah karya besar!!!
Ramaikan PKM dengan mahakarya-mahakarya kalian..


INGAT!! Pengumpulan proposal PKM tanggal 20 September 2010 lhoo...  jangan sampe telat
ITB mesti JUARA UMUM PKM 2011 JANGAN MAU KALAH LAGI!!
kategori PKM :
1. PKM - K (Kewirausahaan) : program pengembangan ketrampilan mahasiswadalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yangdihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modaldasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar.
2. PKM - M (Pengabdian Masyarakat) : program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upayapeningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikanlingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obatsecara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhanbuta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal.
3. PKM - P (Penelitian) : program penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktorpenentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebihfaktor, menguji cobakan sebuah bentuk atau peralatan, merumuskan metodepembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya, memodifikasi produkeksisting, mengidentifikasi senyawa kimia di dalam tanaman, menguji khasiatekstrak tanaman, merumuskan teknik pemasaran, survei kesehatan anak jalanan,metode pembelajaran aksara Bali di siswa sekolah dasar, laju pertumbuhanekonomi di sentra kerajinan Kasongan, faktor penyebab tahayul yang mewarnaiperilaku masyarakat Jawa dan lain-lain kegiatan yang memiliki tujuan semacamitu. Intinya yang berbau penelitian lah..
4. PKM - T (Penerapan Teknologi) : program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lainlain) atau manajemen (pemasaran, pembukuan, status usaha dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau koperasi) sesuai kebutuhan calon mitra program. PKMT mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu, karena produk PKMT merupakan solusi atas persoalan yang diprioritaskan mitra.
5. PKM - GT (Gagasan Tertulis) : programpenulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompokmahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang dapatditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas danrealistik.
6. PKM - AI (Artikel Ilmiah) : programpenulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam pendidikan,penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri(studi kasus, praktek lapang, KKN, PKM, magang, dan lain-lain). Tapi untuk kategori ini tidak bermuara pada PIMNAS seperti kategori yang lain, melainkan akan diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah (yang memenuhi syarat).


PKM dibagi sesuai dengan kelompok bidang masing-masing:
1.   Bidang Kesehatan, meliputi: Farmasi, Gizi, Kebidanan, Kedokteran,Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Psikologi.
2.   Bidang Pertanian, meliputi: Kedokteran Hewan, Kehutanan, Kelautan,Perikanan, Pertanian, Peternakan, Teknologi Pertanian.
3.   Bidang MIPA, meliputi: Astronomi, Biologi, Geografi, Fisika, Kimia,Matematika.
4.   Bidang Teknologi dan Rekayasa, meliputi: Informatika, Teknik,Teknologi Pertanian.
5.   Bidang Sosial Ekonomi, meliputi: Agribisnis (Pertanian), Ekonomi,Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
6.   Bidang Humaniora, meliputi: Agama, Bahasa, Budaya, Filsafat, Hukum,Sastra, Seni.
7.   Bidang Pendidikan, meliputi Program Studi Ilmu-Ilmu Pendidikan dibawah Fakultas Kependidikan.


Untuk lebih jelas, konsultasikan dengan Pak Sundani (dosen Farmasi), Pak Tendy (Dosen SR), Pak Tri Des (Dosen Power), Pak Made (Dosen Kimia) dan Bu Ciptati (Dosen Kimia). Beliau-beliau sangat berpengalaman terkait PKM ini!


Info lebih lengkap lihat di http://dp2m.dikti.go.id/ atau datang ke Kantor LK (Basement CC Barat)


MAHAKARYA GANESHA... TUNJUKKAN PRODUKTIVITASMU DALAM SEBUAH KOLABORASI UNTUK KARYA NYATA
UNTUK TUHAN, BANGSA, DAN ALMAMATER, MERDEKA!!


Kementerian Keprofesian dan Inovasi
Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2010-2011

0 comment:

Posting Komentar

calendar

clock

Profil

Foto saya
Seorang hamba Allah yang senantiasa berusaha meningkatkan kapasitas diri untuk menjadi lebih baik, agar tidak termasuk ke dalam golongan orang yang merugi

Sahabat Yang Telah Bertamu

Serpihan Cerita

Diberdayakan oleh Blogger.

ayat hari ini

"Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik." (QS. AL ISRA:19)

label

puzzle

cari